Senin, 16 Februari 2015

Tempat Wisata Yang Ada di Tasikmalaya

Haii sobat semua..!! Kali ini saya akan memberikan informasi tentang tempat wisata yang ada di Tasikmalaya yang wajib anda datangi bila singgah di Kota Resik ini..

Selain kulinernya yang sangat enak,, ternyata Tasikmalaya mempunyai tempat wisata yang sangat menarik dan bersejarah sekali yang tersebar di kota dan kab. Tasikmalaya. Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan daftar nama tempat wisata yang ada di Tasikmalaya,, yang sangat banget bila anda tidak mengunjunginya bila singgah ke Tasikmalaya..

   

1. Gunung Galunggung - Anda akan terpana oleh salah satu keajaiban Gunung Galunggung, yaitu sebuah danau yang berada dalam kawahnya. Uniknya lagi karena danau ini airnya dingin dan tidak tercium bau belerang, hal ini sangat berbeda dengan gunung berapi di Indonesia yang lainnya. Pada waktu cuaca cerah, Anda bisa menyaksikan keajaiban alam lainnya seperti aliran sungai yang turun dari bukit Gunung Galunggung dan akan terlihat seolah-olah seperti air dari langit.
  • Lokasi : Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat
  • Koordinat : 7°15,693'S, 108°5,226'E
  • Arah : 17 km ke barat Laut Kota Tasikmalaya, 100 km dari Bandung, dan 350 km dari Jakarta.


   

2. Kampung Naga - Lokasinya sekitar 90 km dari Bandung. Masyarakat yang bertempat tinggal di daerah ini memiliki tradisi lama yang sampai sekarang masih dipertahankan. Keunikan dari kampung ini terdapat pada bangunan-bangunan rumah yang didirikan seragam atau sama, di mulai dari bahan bangunan sampai potongan bangunan serta arah menghadapnya.
  • Lokasi : Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya.
  • Koordinat : -7.363722 S, 107.994425 E
  • Telepon : (0265)  330165
  • Internet : kabtasikmalaya@westjava-indonesia.com
  • Arah : Kurang lebih 30 kilometer dari Kota Tasikmalaya, 26 kilometer dari Kota Garut
  • Informasi Lebih Lanjut : Dinas Pariwisata Kabupaten Tasikmalaya, Jl. Otto Iskandardinata No.2, Tasikmalaya

   

3. Pantai Cipatujah - Memiliki luas 115 ha, Sebuah pantai yang berkarang dan kaya akan terumbu karang yang juga menjadi tempat ikan untuk bertelur dan berkembang biak. Pantai ini juga merupakan pantai yang terlebar dan terpanjang yang berada di kawasan Pantai Selatan, Pantai ini juga menawarkan pasir besi yang sangat baik sekali untuk berjemur dan melakukan aktifitas rekreasi pantai lainnya.
  • Lokasi : Desa Cipatujah, Kecamatan Cipatujah
  • Koordinat : 7°44,859'S 108°0,634'E
  • Arah : kurang lebih 74 km menuju arah selatan dari pusat kota Tasikmalaya
  • Fasilitas : kios wisata, penginapan, pondok wisata, warung makanan dan minuman, panggung hiburan, balawista, gazebo, dan juga tempat parkir.

   

4. Pantai Sindang Kerta - Merupakan sebuah pantai yang memiliki hamparan pasir putih dan mempunyai taman laut yang sangat mengesankan serta menjadi sebuah tempat habitat bagi penyu (celonyamidas) yang ingin menetaskan telur-telurnya. Di pantai Anda bisa menyaksikan penangkaran penyu yang fungsinya sebagai penyeimbang ekosistem penyu yang berada di daerah ini agar tidak sampai punah.
  • Lokasi : Kecamatan Sindangkerta
  • Koordinat : 7°46,043'S 108°4,463'E
  • Arah : Kurang lebih sekitar 4 km dari pantai Cipatujah

   

5. Pantai Karang Tawulan - Berjarak sekitar 100 km dari kota Tasikmalaya. Sebuah pantai yang berkarang dan landai, mempunyai panorama alam laut yang mempesona. Agak ke timur, ada sebuah pulau kecil yang bernama Nusa Manuk. Pada waktu tertentu, Nusa Manuk dihuni berbagai macam jenis burung.
  • Lokasi : Kecamatan Cikalong
   


6. Curug Dengdeng - Memiliki keindahan tiga tingkat air terjun. Yang pertama ketinggiannya 13 m, yang kedua 11 m, dan yang ketiga sekitar 9 m, dari tingkat pertama Anda bisa melihat aliran Sungai Cikembang. Tantanglah diri Anda sendiri untuk menuju Curug Dengdeng yang membutuhkan perjalanan cukup melelahkan karena hanya dapat berjalan kaki untuk melewati kondisi yang masih sangat alami melalui hutan jati.

  • Lokasi : Desa Cikawung Gading, Kampung Caringin, Kecamatan Cipatujah
  • Koordinat : 7°44,814'S 108°6,111'E
   

7. Situ Gede - Situ Gede merupakan sebuah Danau Alam dengan luas 47 hektar yang berada di Kelurahan Linggajaya, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia. Atau jika anda pernah ke tasikmalaya dan lewat Bundara Bypas Kota, lokasinya gak jauh dari sana, sekitar 500 meter. Situ Gede ini merupakan salah satu ikon pariwisata kota tasikmalaya, sama halnya dengan Situ Panjalu Di Ciamis, beberapa pasilitaspun terus menerus di tingkatkan, penataan Danau dan pembangunan beberapa sarana dan Fasilitas membuktikan eksistansi pemerintah kota tasik dalam meningkatkan sektor pariwisata. Pada umumnya Kawasan Situ Gede di padati pengunjung pada hari sabtu dan minggu, karna banyak pengunjung yang memanfaatkan lokasi ini sebagai Sarana Olah Raga ( karna disini fasilitas seperti Jogging Trek sudah memadai ), rekreasi, memancing, berperahu, menjaring ikan, bahkan sering pula sebagian intansi pemerintahan maupun perusahaan swasta mengadakan rapat atau pertemuan di lokasi ini. Suasana alam yang asri dibalut kejernihan air danau akan selalu memanjakan anda saat berkunjung ke Situ Gede.


Itulah beberapa tempat wisata yang ada di tasikmalaya,, terima kasih atas kunjungannya..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar